Spesialis Penyakit Dalam (Kardiovaskular): Jenis Penyakit Jantung dan Tanda Penyumbatan Pembuluh Darah



Spesialis penyakit dalam (kardiovaskular). merupakan dokter yang memiliki keahlian khususnya dalam mengobati dan menangani penyakit yang berkaitan dalam organ jantung dan pembuluh darah. Tindakan yang dilakukan mulai dari pemeriksaan fisik jantung untuk mengetahui gangguan yang terjadi. Pemeriksaan tambahan yang dilakukan adalah EKG, USG, stress test atau latihan treadmill dan melakukan tes darah. Tujuan dari pengobatan ini sebagai penstabil kondisi jantung dan pengendali gejala dalam jangka panjang yang terjadi selama penyembuhan penyakit jantung. Tindakan khusus yang diberikan dokter biasanya adalah angioplasti, angiografi, kateterisasi jantung, melakukan implan alat untuk memacu jantung yang diberikan pada bagian bawah kulit dada maupun perut.

Sistem kardiovaskular terdiri atas jantung dan pembuluh darah. Jantung memiliki fungsi sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh dan mengalirkan darah ke berbagai jaringan. Sedangkan, pembuluh darah memiliki fungsi sebagai saluran dalam melakukan distribusi darah ke seluruh bagian tubuh. Darah yang dialirkan sebagai material penting untuk tubuh manusia. Jantung memiliki beberapa ruang , seperti atrium kiri sebagai penerima darah yang memiliki oksigen berasal dari paru, memiliki ventrikel kanan dan kiri, dan atrium kanan yang menampung darah yang rendah oksigen kepada seluruh tubuh berasal dari jantung.

Sirkulasi jantung terdiri atas 2 yaitu sirkulasi sistemik dan sirkulasi pulmonal. Sirkulasi sistemik berfungsi dalam memenuhi kebutuhan organ, mampu mengalirkan darah menuju organ tubuh dan sirkulasi pulmonal berfungsi untuk mengalirkan darah menuju paru, yang terdapat pada paru-paru dan mengalami ketahanan. Pembuluh darah dibedakan atas 3 yaitu vena, arteri dan kapiler. Arteri berperan untuk membawa darah berasal dari jantung menuju bagian lainnya dalam tubuh. Kapiler merupakan pembuluh yang berukuran kecil sebagai penghubung arteriol pada pembuluh darah kecil. Pembuluh ini akan membawa darah menuju vena kava sebagai vena terbesar dalam tubuh manusia.

Berikut adalah jenis penyakit yang ditangani oleh spesialis penyakit dalam (kardiovaskular) diantaranya:

  • Aritmia merupakan kondisi jantung memiliki detak yang tidak normal baik itu tidak teratur, cepat atau lambat.
  • Penyakit jantung koroner merupakan penyakit jantung dimana terjadi penyumbatan pada arteri koroner yang disebabkan sebagai penumpukan plak dan kurangnya pasokan darah yang dibawa menuju jantung.
  • Kardiomiopati merupakan gangguan pada otot jantung penyebab komplikasi seperti penggumpulan darah, jantung berhenti, gangguan kantung jantung hingga mengalami gagal jantung.
  • Stroker merupakan penyakit karena pasokan menuju otak tersumbat atau pecahnya pembuluh darah, hal ini akan menyebabkan sel-sel otak menjadi rusak.
  • Deep vein thrombosis merupakan penyakit disebabkan oleh gumpalan darah yang terjadi pembuluh darah vena penyebab penyakit emboli paru.

Selain penyakit jantung yang sering terjadi pada tubuh, pembuluh darah dapat tersumbat yang juga menyebabkan berbagai penyebab penyakit. Tanda terjadinya penyumbatan pembuluh darah adalah terjadi pembengkakan yang disertai rasa nyeri, hal ini terjadi karena terdapat gumpalan darah yang mengumpul dan menjadi bengkak. Terdapat nyeri pada bagian kaki atau lengan, biasanya sering diartikan sebagai keram otot atau keseleo.

Spesialis penyakit dalam (kardiovaskular) menjelaskan bahwa tanda penyumbatan pembuluh darah adalah terjadinya perubahan warna kulit, seperti menjadi pucat maupun menjadi merah. Dapat juga merasakan nyeri dada sebagai gejala terhadap embolisme paru sehingga akan membuat penderitanya menjadi susah dalam menarik napas panjang. Mengalami debar-debar jantung karena aliran oksigen terlambat dan membuat penderita ingin pingsan dan sebaiknya menarik napas dalam-dalam untuk membuat pernapasan kembali normal.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Spesialis Penyakit Dalam (Kardiovaskular): Jenis Penyakit Jantung dan Tanda Penyumbatan Pembuluh Darah"

Posting Komentar