7 Fakta Kalori Telur Rebus yang Perlu Diketahui

 

Banyak yang milang telur goreng lebih enak jika dibandingkan dengan telur rebus. Hal itu memang benar adanya. Namun buat Anda yang ingin menerapkan pola hidup yang lebih sehat, telur rebus pastinya akan jadi pilihan utama. Selain kadar kalori telur rebus yang lebih rendah. Berikut ini beberapa fakta lain dari telur rebus yang perlu Anda ketahui.

1. Memiliki Kalori yang Rendah

Anda yang ingin mengonsumsi telur rebus dalam menu diet tidak perlu khawatir. Terlepas dari penampilannya yang tampak tinggi lemak, kalori telur rebus sangat rendah, satu telur rebus besar hanya memberi Anda 78 kalori.

Selain itu, telur rebus tidak mengandung minyak atau lemak, yang dapat memberikan kalori ekstra. Alih-alih telur rebus yang bikin gemuk, telur rebus justru bisa menggantikan makanan berprotein tinggi lemak lainnya. Anda bisa makan telur rebus dengan sayuran dan karbohidrat rendah kalori, seperti makan telur rebus dengan kangkung dan kentang.

2. Meningkatkan Metabolisme

Kandungan kolin dalam telur rebus mendukung pencernaan lemak dan mencegah penumpukannya di dalam tubuh. Selain itu, telur rebus juga dapat meningkatkan kadar adiponektin, yang dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan kemampuan tubuh dalam merespon insulin, dan membuat lemak lebih mudah dicerna.

3. Tinggi Protein

Protein sangat penting dalam makanan Anda, dan telur rebus adalah sumber protein yang bagus yang dapat Anda konsumsi. Telur rebus yang dianggap lebih kental ternyata bisa membantu Anda merasa lebih lama dan membuat Anda makan lebih sedikit.

Ini karena protein dicerna lebih lambat selama pencernaan. Selain itu, protein juga dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula darah yang dapat membuat Anda cepat lapar. Protein dalam telur rebus membantu menghilangkan lemak dan mencegah hilangnya massa otot dalam tubuh.

4. Cocok untuk Makan Pagi

Telur rebus tidak membuat Anda gemuk dan cocok untuk sarapan yang sehat untuk menyalakan energi. Dibandingkan makan nasi goreng berkalori tinggi, Anda bisa menurunkan berat badan dengan mengonsumsi telur rebus dengan sayur mayur.

5. Sebagai Sumber Energi

Telur rebus juga dapat memberikan lebih banyak energi. Telur tidak hanya menjadi menu diet, tapi seringkali telur juga diolah untuk sarapan pagi. Ini karena telur rebus memiliki keuntungan memberikan tubuh lebih banyak energi.

Telur rebus mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi energi. Kandungan vitamin A, vitamin B12 dan selenium pada telur yang dimasak juga menjadi sumber makanan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh yang kuat.

6. Meningkatkan Kesuburan

Ternyata telur rebus juga bisa meningkatkan kesuburan. Vitamin B yang ditemukan dalam telur yang dimasak dapat membantu membangun hormon seks, kata KLovers. Kemudian kandungan asam folat pada telur rebus atau yang disebut dengan vitamin B9 sangat baik untuk tumbuh kembang janin.

Ini karena vitamin B9 membantu janin membentuk sel darah merah dan saluran saraf. Manfaat telur rebus sangat bagus untuk meningkatkan kesuburan pada wanita khususnya pasangan yang mengikuti program kehamilan.

7. Cegah Anemia

Telur rebus bisa meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, makanan tersebut juga bisa mencegah kekurangan darah atau anemia. Ini karena telur rebus mengandung zat besi yang cukup untuk menutupi asupan harian Anda.

Kadar zat besi yang rendah di dalam darah, biasanya ditandai dengan sakit kepala, dan juga mudah kelelahan. Jika Anda mengalami gejala kekurangan zat besi, mengonsumsi telur rebus bisa membantu untuk meningkatkan zat besi dalam darah.

Itu dia 7 fakta mengenai kalori telur rebus yang perlu Anda ketahui. Mengingat begitu berguna telur rebus untuk kesehatan tubuh. Tidak ada salahnya menambahkan makanan ini ke dalam menu makanan sehari-hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 7 Fakta Kalori Telur Rebus yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar